Manchester United Menderita Tanpa Liga Champions

By ommed


nusakini.com - Ole Gunnar Solskjaer mengakui Manchester United bisa menderita secara finansial apabila gagal lolos ke Liga Champions musim depan.

United telah absen dalam dua edisi terakhir Liga Champions, dan sekadar berlaga di Liga Europa musim ini, di mana mereka akan menjamu Club Brugge dalam duel leg kedua babak 32 besar, Jumat (28/2) dini hari WIB.

Selasa (25/2) kemarin, Red Devils merilis laporan keuangan terbaru mereka yang menyatakan bahwa pendapatan mereka dalam enam bulan terakhir hingga Desember tahun lalu turun hampir 12 persen sebagai buntut dari absensi mereka dari Liga Champions.

Menyusul adanya peningkatan performa tim belakangan ini, pasukan Solskjaer mampu menanjak di papan klasemen Liga Primer, menuju ke urutan kelima. Posisi itu menempatkan mereka hanya berjarak tiga poin dari Chelsea yang menghuni posisi keempat.

Kendati finis kelima di Liga Primer musim ini bisa mendapat tiket menuju Liga Champions setelah adanya potensi sanksi larangan berlaga di Eropa bagi Manchester City, Solskjaer tetap menegaskan bahwa empat besar menjadi target prioritas timnya.

Sang manajer United menegaskan bahwa klub harus segera kembali menemukan jalan tampil di kompetisi antarklub elite Eropa itu demi mempertahankan kekuatan finansial mereka.

"Kami adalah klub besar dan kami memiliki finansial yang bagus, tapi semakin lama Anda absen maka semakin lama pula Anda menderita, maka harus ada ambisi untuk kembali ke Liga Champions," kata Solskjaer dalam jumpa pers.

"Untuk alasan sepakbola dan secara finansial, itu [lolos ke Liga Champions] akan membantu klub. Kami harus fokus pada kompetisi itu, kemudian liga dan Piala FA."

"Saya pikir kami harus bisa mewujudkannya. Keduanya [rute menuju Liga Champions melalui juara Liga Europa dan Liga Primer] mungkin. Dalam persaingan di turnamen, Anda tidak akan pernah tahu. Mungkin juga bisa menjadi hari yang buruk."

"Anda tidak bisa [hanya] mengandalkan menjadi di sini. Ada beberapa tim bagus dan kami harus melewati Brugge. Kami menantikan laga tersebut."

United menatap duel melawan Brugge di kandang setelah menjalani hasil imbang 1-1 dalam duel leg pertama di Belgia. (gi/om)